Senin, 30 Mei 2011

HIKMAH 5

1) ‎​‎​Konon di jepang pernah ada tradisi membuang orang yang sudah tua ke hutan, mereka yang dibuang adalah orang tua yang sudah tidak berdaya sehingga tidak memberatkan kehidupan anak2nya.Pada suatu hari ada seorang pemuda yang berniat membuang ibunya kehutan, karena si ibu telah lumpuh dan mulai pikun. Si pemuda tampak bergegas menyusuri hutan sambil menggendong ibunya tsb. Si ibu yang kelihatan tak berdaya berusaha menggapai setiap ranting pohon yang bisa diraihnya dan mematahkannya kemudian menaburkannya disepanjang jalan yang mereka lalui.Sesampai didalam hutan yang sangat lebat, si anak menurunkan ibu tersebut dan mengucapkan kata perpisahan sambil berusaha menahan sedih karena ternyata dia juga tdk menyangka sanggup melakukan perbuatan ini.
Justru si ibu yang tampak tegar, dalam senyumnya dia berkata "Anakku, aku sangat menyayangimu. Dari kau kecil sampai dewasa aku selalu merawatmu dengan segenap cintaku. Bahkan sampai hari ini rasa sayangku tidak berkurang sedikitpun. Tadi aku sudah menandai sepanjang jalan yang kita lewati dengan ranting2 kayu. Aku takut kau tersesat, ikutilah tanda itu agar kau selamat sampai dirumah."
Demi mendengar kata2 tersebut, si anak menangis dengan sangat keras, kemudian langsung memeluk ibunya dan kembali menggendonya untuk membawa si ibu pulang kerumah. Pemuda tersebut akhirnya merawat ibu yang sangat mengasihinya tersebut sampai si ibu meninggal.
Pesan moral: orang tua bukan barang rongsokan yang bisa buang atau diabaikan setelah terlihat tdk berdaya. Menitipkan mereka di panti jompo, dan hanya mengunjungi jika sempat tidak jauh lebih mulia dibanding membuang mereka dihutan dan membiarkan mereka meninggal dalam kesendirian merindukan perhatian dan kasih sayang org2 yg mereka kasihi.

2) Mencintai seseorang bukan berarti memberi kita hak penuh untuk memiliki atau mengatur kehidupan orang yg bersangkutan. Bisakah kita mengaku mencintai seseorang jika selalu mengekangnya? Memberi kebebasan adalah salah satu perwujudan cinta. Makna kebebasan bukanlah kita bebas berbuat semau kita, lebih dari itu, memberi kebebasan adalah memberinya kepercayaan penuh untuk bertanggung jawab atas segala yg ia putuskan atau lakukan.

3) ‎​‎​Dikisahkan dlm dongeng rakyat Jepang ada sebuah rumah yg didalamnya terdapat 1000 cermin. Suatu hari ada seekor anjing kecil yg periang & selalu berbahagia, dia melewati rumah itu & memutuskan utk masuk ke dalamnya. Dia berlari gembira menuju pintu rumah itu Saat anjing riang itu masuk, ia terkejut bhw ia mendapati di dalam rumah itu terdapat banyak sekali anjing yg mirip ia & menyambutnya dgn ekor yang bergoyang2 & kuping yg terangkat pula Anjing kecil itu tersenyum senang & sekali lagi ia melihat semua "teman barunya" juga membalas senyumannya dengan senyum yg sama bersahabatnya dengan senyuman anjing tsb. Saat anjing kecil itu meninggalkan rumah tsb, dalam hati ia berkata "tempat yg sangat menyenangkan", ada banyak teman baru yg baik & ramah, aku akan sering bermain ketempat itu" Lalu suatu waktu ada seekor anjing lain yg kurang bahagia & tidak se-riang anjing yg pertama. Anjing itu juga memutuskan untuk mampir ke dalam rumah tsb, dengan perlahan & tampak waspada ia berjalan menuju pintu rumah tsb. Saat anjing itu masuk ke dalamnya ia terkejut & waspada karena ia mendapati di rumah tsb ada banyak anjing yg tak bersahabat. Lalu anjing itu mencoba menggertaknya dgn mengeluarkan taring & geraman kecil, namum lagi2 ia dikejutkan bhw semua anjing itu melakukan hal yg sama. Dgn ketakutan anjing itu berlari keluar rumah & berkata dalam hatinya "tempat yg menakutkan, aku tak akan pernah mau masuk lagi". Makna: Apa yg kita lakukan terhadap org2 di lingkungan sktr kita akan berdampak kembali ke kita sebagaimana seperti yg kita berikan pada mereka Kalau kita tersenyum pd dunia, mk duniapun tersenyum pd kita Ingat pula bahwa DUNIA NYATA KITA adalah CERMIN dari DUNIA BATIN KITA Bersikaplah positif, selalu ceria, bahagia, agar sikap positif kita bisa menarik aura positif ke kehidupan kita. Jadi, mulailah hari2mu dgn sikap positif, selalu ceria & bahagia. Always smile and be happy​.

4) ‎​‎​​Waspadai ucapan kita :

Tancredo Neves
(Presiden Brazil)
Selagi kampanye, ia berkata bila mendapat 500.000 suara dari anggota partainya,
maka tidak ada yang dapat mendepak Dia dari posisi
kepresidenan, BAHKAN TUHAN SENDIRI. Ia mendapat lebih dari 500.000 suara,
tapi SEHARI sebelum peresmian jabatannya, ia Sakit & Mati....

Cazuza (Artis Brazil)
Dalam penampilannya
di Canecia,
Rio de Janeiro, sambil menghisap cerutu,
ia mengebulkan asapnya ke udara sambil berkata.... :
“Tuhan, ini utk Mu”. Pada umur 32thn, Dia meninggal karena kanker Paru" dalam kondisi yg
mengerikan.......

Bon Scott (Ex Vocalis AC/DC)
Dalam salah satu lagu di albumnya (1979), ia mengatakan “Jangan hentikan aku. Aku sdg asyik berjalan ke Neraka”.
Pada tgl 19 Feb 1980, Bon Scott ditemukan meninggal krn TERSEDAK oleh MUNTAHNYA sendiri......

Campinas (2005),
Sekelompok anak muda yg Mabuk menjemput seorang gadis, teman mereka, yang
ditemani Ibunya hingga masuk kedlm mobil. Saking kuatirnya, Sang Ibu berkata ...:
“Tuhan besertamu,Putriku.” Putrinya menjawab....:
“Boleh" saja, ASALKAN DIA DUDUK DI BAGASI. Karena di sini sudah penuh...!”
Beberapa jam kemudian dikabarkan Mobil tsb mengalami kecelakaan Fatal. Mobilnya
Rusak parah & bentuknya tak dapat dikenali lagi. Anehnya, BAGASINYA TETAP UTUH, bahkan ternyata sekotak Telur
di dalamnya tidak ada satupun yg pecah........

Sangat membangun mengingatkan kita akan kebesaranNYA dan tdk ada
manusia yg kekal abadi,
Just Share, bukan menggurui..

5) Pasanglah senyuman di wajahmu dan berterima kasihlah pada Tuhan karena engkau masih hidup dan ada di dunia ini.
Hidup adalah anugerah, jalanilah, nikmatilah, rayakan dan isilah itu.
Hidup adalah semata-mata untuk mengasihi, dikasihi dan saling berbagi kasih.. Ada 100 alasan utk menangis Tapi Tuhan beri 1000 alasan utk tersenyum Hilangkan semua kepedihan & dan ketakutan
Gantikan dgn KASIH & PENGAMPUNAN.

6) ‎​Pd jaman dulu ada raja suka b'buru memanah ,pd suatu hari raja b'buru ditemani oleh seorg pengawal sebut saja bang soleh seorg muda dgn dada bidang dan wajah yg tampan..dan setelah msk hutan si raja jatuh dr kuda dan jemarinya putus..tp apa kata bang soleh..."Bersyukurlah baginda hanya jari yg putus" bkn main marahnya raja mendengar omongan sang raja.."Kamuuu..!!" Sampai kerajaan baginda raja memerintahkan pengawal yg lain utk menangkap dan penjarakan bang soleh tsb 8 bln kemudian setelah sembuh raja kembali b'buru dgn jari yg putus. Dan pengawal baru yg lebih gagah dan putih bersih..namun celakanya sang raja kesasar msk pedalaman sehingga ketemu suku primitif dan rraja ditangkap utk dikorbankan ke dewa mrk yaitu di buang ke jurang namun saat dimandikan suku primitif menolak mempersembahkan sang raja krn ada cacat di jarinya..sehingga hanya pengawal yg jd korban sementara sang raja dibuang lagi ketempat ditemukan..dan sang raja plg ke istana dgn gembira serta teringat ama bang soleh yg pengawal itu lalu dibebaskanlah bang soleh serta raja bilang "soleh terima kasih kamu benar sy hrs bersyukur dgn jari tgnku yg putus sehingga aku terbebas dari sesembahan suku primitif itu"...kamu aku beri hadiah...namun jwbn sang pengawal sangat mengejutkan raja.."Baginda sy lebih bersyukur lagi krn kalau hamba yg ikut berarti hambalah yg jadi korban suku primitif itu...dr cerita diatas syukurilah setiap ketetapan Allah krn ada rahasia dibalik duka ataupun suka...!

7) Jujur aku menangis saat baca ini :
Aku mempunyai pasangan hidup : Saat senang aku cari pasanganku, Saat sedih aku cari ibu.
Saat sukses aku ceritakan pada pasanganku, Saat gagal aku ceritakan pada ibu.
Saat bahagia aku peluk erat pasanganku, Saat sedih aku peluk erat ibuku.
Saat liburan aku bawa pasanganku, Saat aku sibuk anak dianter ke rumah ibu.
Saat sambut valentine slalu beri hadiah pada pasangan. Saat sambut hari ibu aku cuma dapat ucapkan "Selamat Hari Ibu".

Yang selalu aku ingat adalah pasanganku, namun yg selalu ingat aku adalah Ibu.

Setiap saat aku akan tlpon pasanganku, Kalau inget aku akan tlpon ibu.

Selalu aku belikan hadiah untuk pasanganku, Entah kapan aku akan belikan hadiah untuk ibu.

Renungkan:
"Kalau kau sudah selesai sekolah dan berkerja...
bolehkah kau kirim uang untuk ibu?
Ibu tdk mnta banyak... lima puluh ribu sebulan pun cukuplah".

Berderai air mata jika kita mendengarnya........
Tapi kini ibu sudah tiada...

Ibu aku RINDU.......AKU RIIINDDUU... SANGAT RINDU....
Berapa bnyk yang sanggup menyuapkan ibunya....????
berapa bnyk yang sanggup melap muntah ibunya..????
berapa bnyk yang sanggup mengganti lampin ibunya.???
berapa bnyk yang sanggup membersihkan najis ibunya.......????
berapa bnyk yang sanggup....... membuang ulat dan membersihkan luka kudis ibunya....????
berapa bnyk yang sanggup berhenti kerja untuk menjaga ibunya....????

Dan akhir sekali berapa bnyk yang sembahyang JENAZAH ibunya......?????

"Jika kamu menyayangi ibumu, "forward"kanlah kepada sahabat- sahabat dan saudara2mu.
Wassalam, semoga semua diatas akan menambah wawasan hidup kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar